TUTORIAL

Tampilkan postingan dengan label Masih tentang Skripsi. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Masih tentang Skripsi. Tampilkan semua postingan

Selasa, 05 Agustus 2014

Dulu Tentang Skripsi ~2 Years Ago

Bismillah...

Tepat 2 tahun, 7 Agustus saat itu alhamdulillah kado terbaik saat masaku di Universitas ~Ujian Skripsi. Akan kuceritakan lagi hari ini saat-saat itu. Ujian skripsi waktu itu terbilang cukup mendebarkan tapi aku tetap memulai pagi itu dengan sikap percaya diri yang sungguh tinggi. Ada benang-benang penguat yang mengikat daya dan ikhtiarku untuk tetap maju dengan sikap tenang dan senang. Lagipula pagi itu ada kado tak diduga yang menyenangkan.

Sampai di kampus seperti biasa aku selalu terburu-buru padahal saat itu sungguh aku benar-benar tidak telat. Tapi entah mungkin kebiasaanku telat masuk kelas sepertinya mengubah cara berjalanku saat berada di kampus. Cara berjalan ala mahasiswa telat, cepat dan seolah ada yang memburu. Oke pagi itu aku berdandan ala SPG baru yang mau masuk kerja, setelan hitam putih. Aku yakin pagi itu wajahku cukup bersinar walaupun tidak memakai bedak. Kemeja, rok, dan jilbabku sungguh licin karena kusetrika dengan serius semalam. Sepatuku walaupun tidak hitam benar tapi cukup cantik aku melihatnya di kakiku saat itu. Hahaha pengaruh skripsi. Dengan menjinjing seperangkat alat skripsi dan beberapa kantong jajanan akupun melangkah menuju kantor jurusan.



Etapi sebelum masuk ke sana aku singgah ke mobil teman dulu buat mengatur jajanan yang kubawa tadi. Iya itu untuk diberikan ke penguji kami. Saat itu kan sedang bulan puasa jadi tidak mungkin ada acara makan-makan jadi kami membungkusnya buat mereka, selain itu tak lupa karya Airin kumasukkan ke dalamnya. Well setelah selesai aku, Ria (si teman tadi) dan seorang teman lagi bersama kami membawa kantong-kantongan itu walaupun aku cuma membawa dua hehe. 


Hum lanjut yuk... Memasuki ruang ujian rasanya kegugupanku muncul kembali. Walaupun sengaja wajahku tetap berekspresi tidak terjadi apa-apa tapi hatiku cenat-cenut ~tiap ada kamu~ eh bukan fiuhhh sungguh ujian skripsi itu rasanya seperti seorang diri menghadapi guru killer di ruang BK. Eh. ummm... Oke kalo yang itu memang mengerikan. Umm sedikit kurang dari itulah hehe. 



Oke, saat itu aku nervous dan mulai menunjukkan gejalanya sejak aku menginjak ruang ujian. Tanganku tidak basah dan aku tidak berkeringat tapi jantungku terus berdetak kencang. Aku keluar dari ruangan itu dan mencoba berkeliling untuk menenangkan diri. Aku celingak-celinguk di koridor memperhatikan semoga tidak ada sosok lain yang melihatku tapi apalah daya tetap ada cleaning service saat itu dan olahraga kecilku pun batal. Aku mengarahkan kaki turun dan menuju musholla, tempat yang paling tepat untuk menenangkan diri dan mengadu. 

15 menit setelahnya aku sudah berada di hadapan penguji pertama. Beliau adalah dosenku sendiri, beliau sangat ramah dan baik kesehariannya namun pada saat itu beliau sungguh terlihat berbeda. Menjadi penguji ternyata otomatis akan mengubah aura seseorang, menjadi jauh lebih tegas. Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii. Sekiranya 20 menitku menjadi sangat mudah untukku. Lidahku dengan aktif menjelaskan detil tiap kata tiap penjelasan pertanyaan inti hasil lembaran-lembaran skripsiku. Alhamdulillah kesenangan tiada tara. Pengujiku yang kedua sedikit terlambat tapi tak mengapa euforia di hatiku masih tidak redup untuk menjalani ujian kedua dari penguji kedua ini. Pertanyaan-pertanyaan beliau aku menjawabnya dengan penuh keyakinan dan mata berbinar-binar. Menit-menit setelahnya pun lewat dengan indah. Sungguh besar kekuatan doa dan keyakinan.

Ujian hari itu berhasil. Fantastis. Tidak menyangka berbulan-bulan menyelesaikan 80 halaman skripsi itu terbayar hari itu. 


Awan kecil aneh 
Tertiup angin membuatnya berarak cepat
Ia tak liat awan lain ingin menangkapnya
tapi tak sempat angin mendahuluinya



Hari itu awan senang menari dengan awan lain
Langit pun membiru sebiru-birunya
Memutihkan awan seputih-putihnya
Omoshiroi....

Hima Rain

Kamis, 25 Oktober 2012

Denka San #Masih tentang Skripsi

Bismillah...

Tanggal 25 Agustus 2012, sepekan setelah lebaran merupakan tanggal deadline pengerjaan revisi skripsiku. Sebelum lebaran ibu kajur alias ketua jurusan memberi kami pesan untuk menyelesaikan semua urusan revisi dan tinggal mengumpulkan skripsi yang sudah dijilid dengan rapi tanggal 27 Agustus tepat pada hari pertama kuliah dimulai kembali. Otomatis saya sedikit kelimpungan mengingat beberapa hari sebelumnya saya masih bersantai menikmati libur lebaran. Revisi skripsiku baru 50 persen dari semua poin yang harus diperbaiki. Malam itu saya lembur di depan laptop sambil bermain ameba pico

Poin terakhir dari perbaikan pembimbing kira-kira kelar pukul 11 lewat. Lega sih tapi belum bisa bersenang hati dulu, masih ada abstrak bahasa jepang yang belum sama sekali kukerjakan. Abstrak berbahasa Indonesia sebelumnya sudah kukerjakan, begitupula dengan versi bahasa Inggrisnya. Bahasa Jepangku yang payah membuatku menyelesaikan abstrak itu kira-kira sejam lamanya. 

Ameba pico ku masih menyala, kala itu saya menyusup di sana bukan untuk bermain. Sengaja saya log in dan kemudian langsung mengklik 'Japanese Park' dan berinteraksi dengan player-player orang jepang ameba pico demi skripsi tercintahh. 

Abstrakku sudah kelar, namun yang menjadi kendala apakah yang kususun itu benar-benar sudah tepat. Oleh karena itu saya harus mencari salah seorang pemain ameba Jepang untuk kutanyai kebenaran abstrakku itu. Setidaknya pengoreksian dari sisi grammar. Terkadang kami pembelajar bahasa Jepang masih sering mengalami kesalahan grammar dan kosa kata soalnya kami bukan penutur asli. Kira-kira 15 menit berlalu tidak juga kutemukan orang yang bersedia membantuku apalagi saat itu modemku terus saja disconnect tiada henti setiap berapa menit sekali. Sedihnya. Rata-rata orang Jepang tidak ingin diganggu sehingga sulit menemukan mereka yang benar-benar bersedia. 

Saat itu untung saja ada Ninis yang juga log in di ameba pico. Dia pun membantuku mencari orang yang sedang lowong dan sedang tidak ada kesibukan. Ninis menemukan satu orang yang cukup baik. Nick namenya itu denka, awalnya kuliat data personilnya itu berumur 76 tahun sehingga tidak kusapa dan kutanyai langsung eh ternyata umur aslinya 20 tahun. Alhamdulillah ninis pintar deh. Kami menemui orang itu dan kemudian sedikit berkenalan dan bercakap-cakap. Denka san saat ini kuliah di salah satu universitas di Jepang jurusan Hukum. Bahasa Inggrisnya pun lumayan bagus sehingga saya tidak terlalu kesulitan dalam berkomunikasi dengannya. 



Kami bertukaran email dan kukirimkan file abstrakku ke emailnya. Sekitar dua jam dia membantuku mengoreksinya. Katanya dia sedikit kerepotan dengan abstrakku, banyak yang tidak dia mengerti dari kalimat-kalimat yang kususun. Dengan baik hati dia mengganti yang salah kemudian memberitahu di mana letak kesalahanku. Dia bilang saya kebingungan dan sulit membedakan partikel-partikel dalam bahasa Jepang. Hehehe benar banget tuh, saya memang bingung membedakan partikel wo, ga, de, ni, dan wa itu. 

Walaupun usianya terpaut lebih muda dariku tapi dari cara bicaranya cukup dewasa dan pintar. Baik hati pula. Terima kasih Denka san, hingga pukul 1 dia menemaniku mengerjakan abstrak tersebut. Padahal di Jepang itu sudah pukul 2 lo. Jarang ketemu orang sebaik itu di dunia maya. ありがとうございます。



Hima Rain

Rabu, 22 Februari 2012

Jadi anak perpus-perpus Bag. II

Bismillah... 

Seminggu ini kami bertiga (saya, indah, dan riri) belajar di perpustakaan. Kami merasa sungguh rajin. Ya demi menggapai cita-cita setinggi langit dan awan *kalau bisa matahari. Saat libur kuliah kami bertiga nongkrong di perpus lantai 2. Tapi saat kuliah mulai dan semakin banyak pengunjung di bawah, kami hijrah ke lantai atas. Di sini sunyi senyap tak ada cicak. Hanya beberapa kucing yang lewat-lewat. 



Kami semakin khusyuk (khusyuk bercerita). Berbahaya memang kalau gadis-gadis berkumpul bersama, bawaanya mau ceritaaa terus. Tapi alhamdulillah di sela-sela cerita tersebut saya berhasil membaca jurnal berbahasa inggris sebanyak 19 halaman. Lumayan.. buat referensi pembahasan skrip tuh. Sisa sedikit rumusan kedua ini bisa selesai. :>

Hima-Rain

Rabu, 15 Februari 2012

Cara Menambah Emoticon di Kotak Komentar by Kang Ismet


Bismillah...

Alhamdulillah tadi saya ke kampus lagi. Penting ya?! Hehehehe.. Saya senang kalau ke kampus dan bertemu teman senasib yang belum lulus. Kami merencanakan dan berencana untuk lulus dan diwisuda bersama bulan Juni tahun ini. Amin. Untuk itu kami terus-menerus janjian ketemuan di perpustakaan. Sudah tiga kali kami bersama-sama di perpus mengerjakan skripsi. Dari tiga kali pertemuan intensif tersebut, hanya tadi kami fokus. Itupun masih diselingi dengan cerita-cerita anak muda. *dasar

Eh, bukan ini nih fokus postingannya, kali ini mo berbagi tutorial lagi. Bukan tutorial kreasi tapi tutorial mempercantik blog. Tapi maaf nih ya bukan hasil kreasi saya. Cuma mau memberi link soalnya saya tidak mengerti html dan sebagainya. Saya cuma mengerti head dan body doang. Cuma itu pelajaran yang kuingat waktu sma dulu :D

Karena tidak mau kopas saya cantumkan link saja ya,
http://blog.kangismet.net/2012/01/menambahkan-yahoo-smiley-pada-threaded.html.
Pada page ini kamu bisa lihat cara menambahkan emoticon yahoo messenger pada kotak komentar blogger kamu. Pernah saya pasang emot juga sebelum ini, tapi berhubung blogger sudah mengganti settingan komentar menjadi threaded comment jadilah emot yang saya setting sebelumnya tidak muncul lagi. Nah, mencarilah diriku di google. Alhamdulillah dapat di blog Kang Ismet. Nah kalo mau coba silahkan ikuti cara-cara yang beliau tunjukkan. Sekian postingan sore ini. Mau potong-potong sayur dulu.. Wassalam


Hima-Rain 

Rabu, 01 Februari 2012

Jadi anak perpus-perpus-tapi nothing to do


Sehari tidak posting. Yah terlalu sibuk, dan lagi dengan hidung meler-meler seperti ini juga bikin tersiksa. Gara-gara semalam disuruh ol sama teman, katanya ingin chat dan bercerita-cerita. Alhasil jadilah flu makin menyerang diriku tadi malam. Paginya hanya bisa meringkuk di bawah selimut, mana mau ke kampus urus krs. Dingin banget abis hujan. Sekitar jam 10 baru saya berangkat tadi. Sampai di kampus Alhamdulillah flu agak mereda. Bertemu teman memang obat paling mujarab. 

Berjalan di bawah pohon-pohon sastra memang satu hobi baru diriku. Walaupun mendung tapi tetap jalan. Saya kemudian melangkah ke perpustakaan pusat yang kalau mau ke sana harus menaiki 2 tingkat tangga. Wedew, saya gak kuat naik tangga, sampai di anak tangga yang separuh saya sudah ngos-ngosan. "Beginimi ini kalo nda pernahki jalan-jalan", kataku pada Indah, dia teman jalanku ke perpus. 

Sampai di perpus, saya hanya duduk dan bercerita dan ambil film dari laptop Indah. Judulnya protect to boss. Pernah nonton kawan? Ninis sudah nonton tuh, saya belum tamat. Sejam- dua jam flu makin berat, ngantuk makin menggelegar. Ngantuk kok menggelegar. Pulanglah diriku dengan gontai. Menuju pete-pete angin bertiup kencang dan turunlah hujan lari-lari. Dan kami pun lari-lari menghindari hujan, gawat kalo makin flu. Mengerti hujan lari-lari? Hujannya nda jelas turun di mana. Dia ikut angin tuh. Angin kencang hampir saja meniupku dan payungku. Gawat kalau saya terbang. Untunglah ada pete-pete menunggu kami di ujung jalan. Naiklah kami bertiga dengan sukses. Alhamdulillah...

Hima Rain

Minggu, 25 September 2011

Kerja Skripsi *part 3

Hari ini saya berencana kerja skripsi... hayooo di mana yoooo...
Hohoho hari ini saya akan kerja skripsi D.I.R.U.M.A.H sendiri
Saat ini saya mau fokus kerja korpus dulu.. Maccancang istilahnya
Sambil mengerjakan pesanan-pesanan yang bertumpuk juga. Beginilah pengusaha, tidak bisa meninggalkan kewajiban (nanti gak dapat duit lageee)

Berdoa sambil mengerjakan skripsi, mudah-mudahan tidak puyeng-puyeng suweng (eh itu cublek-cublek suweng yah hehehe)

http://www.smileycodes.info


Hayoooooooooo.....
uwooooo
http://www.smileycodes.info

Minggu, 18 September 2011

Kerja Skripsi *part 2

Pukul 4 sore kurang lebih saya menyelesaikan selembar korpus-korpus skripsiku. Alhasil 2 jam telah saya taklukkan dengan hanya selembar hasil translate-an. Beginilah masa muda. Maunya malas terus. awwe... Bagemana mo selesai skripsi kalo begini.


Tadi abis dari rumah Indah sambil menghabiskan selembar terjemahan dan juga sepiring irisan mangga.. Aseiikk. Tinggal tunggu tanggal mainnya. Kira-kira kapan yah skripsiku selesai?! Ternyata mengerjakan skripsi barengan itu kurang efektif karena diisi dengan bumbu-bumbu cerita dan lainnya (adegan makan, pipis dan berbagai gangguan lainnya). Yah, mau diapa itu yang terbaik. Tadi kami cuma berdua mengerjakan skripsi. Ani tidak bisa ikut karena dia mau ke salon (haloooo..salon?!! malasku ke tempat itu). Riri, seperti yang kuungkapkan di postingan sebelumnya, dia sedang ada acara dengan keluarganya. Berdua jadinya kebanyakan bercanda. Biarlah. Ditambah lagi dengan adik sepupunya yang lucu bernama Bang Jack (nama samaran. asli dirahasiakan hihihihi). Adek-adek itu terus melihatku, heran melihat orang yang berkacamata. hahahaha. Tapi salut tuh anak pinter banget main bolanya, Semangat dek bikin gol-golnya...

Hasil akhir dari kerja skripsi hari ini adalah tukar-tukaran film.. nah looo ????? :D

Yah, sudahlah saya udah capek posting dan mengetik. Mata juga sudah kehilangan daya nih... Bye.

Wassalam
sampai jumpa pada postingan berikutnya

Kerja Skripsi *part 1

Hari ini sisa kelompok satu (Ririn, Indah dan Ani) akan memulai mengerjakan skripsi perdana. hehehe... Kalo saya baru mau mulai mengerjakan bab 4. yukk.. Saya akan memulai postingan mulai dari pengerjaan bab 4 hingga selesainya pengerjaan skripsi ini hingga bab akhir. Tidak lupa dokumentasi-dokumentasinya juga. hehehe... Bismillah... let's do it..

Hari ini pukul 10.00 kami akan bertandang ke rumah Miss Indah untuk mengerjakan skripsi tahap awal. Entahlah hari ini akan sampai di mana pekerjaan kami. Mudah2an saja banyak yang selesai. Amin. Oh,ya ada lagi satu sisa personil kelompok satu yang masi menyusun skripsi kami, yaitu Riri. Tapi sayang hari ini dia tidak bisa ikut, jadi deh kami bertiga saja. Okke. karena sudah akan pukul 10 saya siapp2 mau berangkat ke Indah's Home. Let's yukkk.

Wassalam
sampai jumpa pada postingan berikutnya.