TUTORIAL

Tampilkan postingan dengan label Tutorial. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Tutorial. Tampilkan semua postingan

Rabu, 26 Oktober 2016

Cara Membuat Bantalan Jarum Menggunakan Cangkir

Bismillah...

Mau bagi-bagi tutorial yang kushare di IG, cekidot~

-Tutorial Pin Cushion-

Karena masih kerja suvenir jadinya belum muncul kreasi lainku, nah biar instagramku tidak sepi Airin mau bagi-bagi tutorial saja. Mudaaah sekali buatnya, bahannya mudah didapat dan sangat bermanfaat buat teman-teman untuk menyimpan dan meletakkan aksesoris tusuk seperti peniti, bros maupun pentul.

Kalau ada cangkir bekas di rumah yang sudah tidak dipakai lagi janganlah dibuang, coba ubah jadi begini. Kain-kain sisa di rumah pun manfaatkan jadi bantalannya.


1. Jahit jelujur sisinya, tarik benangnya.
2. Isi dengan dakron ataupun dengan kain sisa yg digunting kecil-kecil, serut hingga menjadi bola.
3. Jahit bawahnya dengan kain biar isian bantal tidak keluar. Lalu pasang ke cangkir.

Tadaaa cekidot~


Oiya tidak perlu kamu lem bantalannya ke cangkir biar bisa dilepas-pasang dan bagian bawah cangkirnya bisa diisi lagi dengan macam-macam aksesoris.


Hima Rain

Sabtu, 22 Oktober 2016

Tutorial Pin Cushion dari Tutup Botol Bekas

Bismillah...

Dua bulan tidak muncul di blog rasanya lama juga ya. Hima memang kekurangan hima (waktu luang) jadinya ya gitu hehe. Tapi hari ini saya mau bagi-bagi tutorial lagi setelah sekian lama. Hima Rain yang dulu kembali lagi setelah bertapa afufufufu~

Karena saya masih saja senang mengumpulkan benda-benda bekas alias pemulung hahaha :D :D :D jadinya tutorial kali ini mau ubah benda-benda yang katanya tidak penting jadi penting-penting-penting hehehe. Sudah setahun saya kumpulkan tutup botol bekas hingga jumlahnya ribuan, nah mari kita manfaatkan dia. Let's cekidot~

Kumpulkan bahan-bahan berikut; tutup botol, kain perca yang sudah digunting bulat, benang, jarum, dakron, lem tembak, pita, dan renda.

Jahit jelujur sekeliling kain tadi seperti ini.

Lalu tarik dan serut hingga menjadi separuh bulat.

Isi dengan dakron dan sesuaikan ukuran dengan tutup botol lalu jahit mati.

Panaskan lem tembak dan beri lem pada sisi bagian dalam tutup botol.

Masukkan dan rekatkan kain tadi ke dalam tutup botol.

Nah, sekarang bagian luar tutup kita hias dengan pita cantik. Lem sisi tutup botol dan tempelkan pita sekelilingnya.

Untuk lebih mempercantik lagi beri renda rajut di sekelilingnya, rekatkan dengan lem.

Tadaaaa, this is it! Yuk coba juga di rumah. 


Senin, 12 Januari 2015

Tutorial Bros Flanel dengan Kancing Bungkus

Bismillah...

Apa kabar Bloggers? Hisashiburi da ne. Lama tak berjumpa lewat tulisan ya. Kalian masih ingat tentang kreasi flanel yang selalu kuposting di blog ini gak? Kalo lupa hayoo buka lagi link tutorial yang ada di tab blog ini hehehe. Kali ini Hima Rain mau berbagi ilmu tentang flanel lagi. Karya ini mirip dengan Tutorial Bros Bunga Flanel yang sempat kupost di awal-awal blog ini kubangun. Iya memang mirip karena saya tambahkan hal baru di satu bagiannya. Jangan berlama-lama aah, cekidot~

Tutorial atau Cara Membuat Bros Flanel dengan Hiasan Kancing Bungkus

1. Persiapkan alat dan bahan berikut; Kain flanel (warna sesuai keinginanmu), kancing bungkus, lem lilin dan tembaknya, peniti bros, gunting, pulpen dan karton untuk membuat pola.



2. Buat pola terlebih dahulu di atas karton. Bentuk polanya ada di gambar berikut nih, kamu bisa download terlebih dulu lalu print di selembar karton dan kemudian gunting. Ukurannya terserah kalian juga.



3. Buat pola di atas kain flanel, 4 pola bunga untuk kelopaknya dan 1 pola lingkaran untuk alas. Setelah itu gunting dengan rapi. Ingat ya kalo kalian membuat pola dengan pulpen, gunting dengan rapi biar bekas tintanya gak keliatan.




4. Untuk bagian kelopaknya terlebih dahulu lipat dua kelopak seperti yang kutunjukkan di gambar.



5. Kemudian lipat sekali lagi kelopak tadi hingga terlihat seperti di gambar.




6. Gunting ujung kelopak yang terlipat tadi dan beginilah hasilnya.




7. Panaskan lem lilin dan kemudian beri lem di ujung guntingan tadi. Posisikan kelopak pertama di salah satu sisi lingkaran dan tekan ujungnya hingga benar-benar tertempel.




8. Lakukan lagi cara no. 7 hingga seluruh sisi lingkaran terisi (Lihat gambar deh).




9. Nah, waktunya menggunakan kancing bungkus. Kancing bungkus bermotif cantik-cantik ini kubeli dari seorang teman crafter baru hehehe. Beri lem lilin pada bagian bawah kancing lalu kemudian tempelkan tepat di tengah-tengah kelopak tadi,




10. Tadaaaa... alhamdulillah sudah jadi bunganya.



11. Waktunya menempel peniti bros di bagian belakangnya. Jangan lupa tempel pake lem lilin ya. Oiya kamu pun bisa pake lem uhu kok untuk mengganti lem lilin juga.




12. This is it! Kamu sudah bisa deh pake bros ini hehehe.



.................................o0o.................................

Gimana kawan? Jadi tertarik buat juga gak? Yuk, caranya gampang banget. Selamat mencoba.
Kamu bisa buat juga dengan warna lainnya


Hima Rain

Kamis, 12 Desember 2013

Bros Bunga Satin ~Tutorial~

Bismillah...

Beberapa hari ini saya tidak menulis di blog yah karena saya sedang menjalin cinta dengan mainan baru. Ya, saya jatuh cinta dengan kain satin. Ummm saat ini saya sedang asik-asiknya mengubah bentuk kain ini jadi bros-bros lucu. Kain ini sungguh asik dijadiin bros karena warnanya terang, kesannya elegan, gampang dibentuk dan juga hasil brosnya jadi banyak. Hei, bagaimana dengan flanel? Hooo tenang flanel masi nomor satu kok di hatiku, saat ini pun masi ada rancangan bentuk baru usulan teman yang akan kuperkenalkan padamu nanti. 

Oke baik kita ke paragraf dua, umm setelah buat bros ini dalam jumlah banyak ingin juga deh kubagi ke kalian cara membuatnya. Bentuk bros ini memang sudah lumrah sih, kalian bisa temukan banyak di penjual-penjual aksesori di pasar ataupun di mall. Nah, kali ini saya akan membagi cara membuatnya ke kalian. Caranya sangaaat mudah. Jya, hajimemasho~

Pertama
Siapkan bahan berupa kain satin, benang, manik-manik, peniti bros beserta mangkoknya, dan lem lilin. Untuk alat jangan lupa gunting, jarum, dan glue gun.

Kedua
Cetak bentuk bulat dengan ukuran diameter 8 cm ke atas kain, kalo saya pake tutup bedak marcks untuk bikin bulatannya. Gunting dan buat 5 lembar yang sama.














Ketiga
Lipat menjadi dua bagian kainnya, setelah itu lipat lagi menjadi dua. (Liat gambar deh biar lebih jelas). Lakukan ini untuk kelima bulatan kain tadi.



Keempat
Bagian yang sudah terlipat itu kini kita jait jelujur bagian bawah yang lengkung itu. Jahit kelima bulatan dan jangan biarkan benang putus di tengah jalan.




Kelima
Nah, sekarang satukan kedua ujung terpisah itu dengan jahitan dan jahit hingga kuat dan tidak terlepas lagi.





Keenam
Waktnya manik-manik beraksi, ambil 3 biji manik-manik dan rekatkan pada bagian tengah bunga menggunakan lem lilin.


Ketujuh

Rekatkan pula bagian belakangnya dengan mangkok pin beserta penitinya. Pake lem lilin juga ya.

















Kedelapan
Inilah hasilnya, cho~ kawaii deshou...


~Semoga bermanfaat aamiin...~


Hima Rain

Minggu, 10 November 2013

Cara Membuat Bros Mini Pohon

Bismillah...

Lama juga tidak menulis tutorial di Hima Rain, kali ini tutorial buat bros mini pohon nih. Liat ke bawah deh itu tuh bentuk brosnya. Imut nda? Imut dong. Langsung saja deh kita buat, yukk!!


Pertama-tama siapkan dulu alat-alatmu buat ngejait. Gunting dan jarum paling penting, flanel hijau tua dan coklat kayu terus benang coklat dan hijau tua, pulpen untuk membuat pola, dakron, lem lilin beserta glue gun dan terakhir peniti bros. Jangan lupa ya kumpulkan semua benda itu.

Pola yang kubuat agak-agak miring nih tapi kalian bisa rapikan pada saat pengguntingan. Di bawah ini gambar pola yang bisa kalian download dan pindahkan bentuknya ke kain. Setelah menggambar pola di kain terus digunting dengan rapi ya. 

ini polanya, jiplak ke karton ya
yang sudah digunting

Setelah tahap pengguntingan usai, segera jahit bagian hijaunya dulu nih. Jahit feston sekelilingnya tapi jangan seluruhnya dulu, sisakan buat isi dakron ya. 



Perlahan isi dengan dakron secukupnya pada bagian hijau ini dan lanjutkan jahitan festonnya lagi hingga jahitan selesai. 




Nah, jangan lupa untuk jahit bagian batangnya. Ambil benang coklat kemudian jahit keliling batang flanel tadi masi dengan teknik tusuk feston kok. Jangan lupa ya jahit juga bagian belakangnya. Bagian depan dan belakangnya sama lho. 



 Nah, sudah terjahit dan jadinya seperti di bawah ini. Beri peniti bros, rekatkan dengan lem lilin. 



Tadaaaa.....

Kalian suka? Ato makin diliat makin suka? Fufu, Ayolah yuk bikin juga, mudah sekali lho. Tidak sampai 15 menit membuatnya. Oke, sampai jumpa pada tutorial selanjutnya.


Hima Rain

Jumat, 25 Oktober 2013

Berkreasi Bunga dengan "Bunga Felt"

Bismillah...

Kalian suka bunga?? Suka melihat bunga?? Atau suka makan bunga mungkin ahahai #kidding. Saya suka sekali liat bunga, jenis apapun itu. Kesukaanku dengan bunga membuat saya pun tertarik menyalurkan hobi dengan membuat kreasinya dari kain felt atau biasa dikenal dengan flanel. Walaupun bunga yang kubuat tidak terlalu beragam setidaknya saya tau sedikit cara membuatnya. Nah, saat jalan-jalan ke gramedia saya menemukan ini dan sedikit bersorak 'aha', sepertinya hobi membuat kreasi bunga itu makin akan terwujud. 
"Bunga Felt: Membuat 30 Jenis Bunga"
Judul buku kreasi kedua yang kubeli dengan penghasilanku sebagai owner Airin Handicrabby. Setelah 3 tahun berjualan flanel baru beberapa buku yang kubeli mengingat inspirasi dan tutorial kebanyakan kuliat dari internet. Tertarik membeli buku bertema tutorial kreasi ini saat mulai intens berjalan-jalan ke gramedia. Mungkin karena keseringan mupeng saja kalau lewat rak buku-buku craft tetapi tidak kubeli huhu. 

Kenapa saya lebih tertarik membeli buku ini?

Awalnya karena cover depannya BUNGA MATAHARI. Setiap melihat bunga ini mataku langsung cling-cling, kalo diumpamakan mungkin seperti mata Paman Gober atau Tuan Krab saat melihat uang haha. Nah, setelah melihat isinya ternyata menarik dan tidak pernah kudapat secara lengkap cara membuat bunga kalau browsing di internet. Langsung jatuh cinta dong dengan buku ini.


Isinya seperti yang kukatakan di atas sangat menarik. Di sampul buku memang tertulis 30 jenis bunga, namun sebenarnya hanya ada 20 tutorial jenis bunga yang ditampilkan. Sedangkan sisa 10 lainnya berupa galeri saja, mengingat kesepuluh bunga ini bentuknya ada yang mirip dengan bunga yang 20 jenis itu. Jadi ada kemungkinan cara membuatnya pun kurang lebih sama. 

Pada bagian awal, penulis buku ini memberi beberapa tips tentang cara membuat daun dan melapisi tangkai serta perlengkapan-perlengkapan apa yang dibutuhkan. Di bagian akhir pun kurang lebih sama, ada tips yang diberikan oleh penulis. Mau tau? Beli bukunya dong fufufu.

Seperti kebanyakan buku tutorial lainnya, buku ini memuat pola di bagian akhir buku. Jadi kita dengan mudah bisa mempraktekkan isi buku ini. Tutorial di dalamnya pun sangat detail dengan disertai gambar pendukung yang cukup jelas dan mudah dimengerti. Yang ingin dan penasaran juga cara membuat bunga-bunga indah dari kain flanel itu, yuk segera membeli buku ini juga!



Berikut dua bunga yang telah kubuat berdasarkan tutorial di buku ini. Yah, mau bikin semua tapi satu-persatu dulu deeh, cekidot!

Si Dandelion
Si Mawar Pink
Info Buku:
Judul: Bunga Felt
Penulis: Lisa Tiyani
Penerbit: Demedia Pustaka
Tebal: 72 Hal.
ISBN: 979-082-143-3
Cetakan: I Januari 2013
Harga: Rp 36.000


Hima Rain

Selasa, 17 September 2013

Cara Menghias Toples dengan Flanel

Bismillah...

Kali ini saya mau berbagi tutorial ah. Tutorial kali ini berhubungan dengan kue dan lebaran. Apa ituuu....

stoples 
Iya benar saya bakal posting cara menghias stoples. Kalau kamu punya stoples bekas di rumah, bisa kamu gunakan kembali seperti memakai stoples baru. Lebaran idul fitri lalu saya juga pake stoples tahun lalu. Hasilnya alhamdulillah, nah mari liat tutorial dariku... cekidot


1. Siapkan stoples, kain flanel warna sesuai yang kalian inginkan, pita-pita, lem lilin, dan gunting.


2. Stoples yang kugunakan bagian badannya berbentuk bulat alias tidak rata jadi tidak kubungkus, lagipula terlihat sudah cantik. Nah, bagian ini bisa kalian kreasikan sesuka hati. Jika stoples kalian permukaan badannya rata seperti gambar di atas nah cocok untuk dihias. 





3. Pertama-tama beri lem pada permukaan tutup stoples dan tempelkan ke kain flanel yang sudah dipotong bulat. Ukuran bulatannya itu diukur dari diameter tutup dan dilebihkan beberapa centi sesuai panjang tutup ke bawah.




4. Nah sekarang potong sisi bulatan seperti pada gambar. Beri lem lilin di antara potongan sisi tersebut dan rekatkan ke bagian sisi samping tutup stoples. Liat hasilnya pada gambar di bawah ini.


   

5. Waktunya menghias bagian tutupnya, beri lem lilin pada sisi samping tutup dan rekatkan pita-pita cantik sesuai keinginanmu. 


6. Bagian permukaan atas beri potongan tipis flanel sebagai aksen krim kue. Rekatkan dengan lem.



 7. Siapkan topping buah-buahan dari flanel yang telah kamu buat. Jika belum bisa buat saya punya tutorial di link Tutorial Membuat Topping ini.

 

8. Hias sesuka hati. Kalo saya menghiasnya seperti ini.


Jadilah!!!!! Selamat mencoba
Nah, sekarang stoplesmu berubah menjadi terlihat baru bukan??!!! Yuk mencoba...


Hima Rain