TUTORIAL

Tampilkan postingan dengan label review. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label review. Tampilkan semua postingan

Sabtu, 07 Mei 2016

Menelusuri Kalimat Demi Kalimat dalam BUMI

Bismillah...

Tidak henti-hentinya saya menatapnya melalui rak buku saat tiap kali saya masuk di ruang ini. Penasaran selalu terbayang apa dan bagaimana, apakah tampilan luarnya sebagus isi di dalamnya?

.....o0o....

Bumi

Karya Tere Liye yang entah buku keberapa judul ini. Setahu saya karya Tere Liye itu banyak dan bagus-bagus. Saya sudah membaca judul ini, tetapi sebelumnya saya membaca karya fenomenal beliau berjudul "Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin". Melalui karya ini saya " jatuh cinta" dengan Tere Liye. Ada juga novel beliau yang saya baca kali pertama yaitu Hafalan Shalat Delisa, kisah fiksi tentang seorang anak korban tsunami Aceh tahun 2006 yang ternyata Best Seller dan dibuat layar lebarnya, Sugoi~


Bumi

Awalnya kukira ini novel akan bercerita seperti novel Daun Jatuh~, tapi ternyata di luar dugaan awalku saat baca endorsementnya berubah tepat saat memasuki bab dua. Novel ini berkisah tentang seorang anak yang bernama Raib yang bisa menghilangkan dirinya dengan menelungkupkan kedua tangannya ke wajah. Ya, ia benar-benar bisa menghilang, ini bukan kalimat kiasan atau perumpamaan di buku -buku sekolah. Saya tertipu membaca ulasan singkat di belakang sampul buku. Rasa tertipu ini yang memacu untuk menamatkan buku ini.
Rasa penasaran sudah mulai bertambah saat memasuki bab ketiga lalu kemudian makin melesat hingga bab-bab selanjutnya. Kisah anak bernama Raib (nama akrab dalam novel ini Ra, maka mari kita sebut Ra mulai sekarang) ini merangsang adrenalin kita untuk mempersiapkan cemilan dan minuman sebanyak mungkin di depan meja hanya untuk dilahap bersama dengan buku ini hehehe. Ra dikisahkan adalah anak dengan kekuatan spesial yang hidup di salah satu bagian dunia yang bernama Bumi, di novel ini Bumi adalah salah satu bagian dari empat bagian dunia selain Bulan, Bintang, dan Matahari. Ketiga sisa lainnya itu katanya juga merupakan judul-judul tetralogi setelah novel Bumi.


Ra memiliki kekuatan menghilang seperti namanya 'raib', kekuatan memukul dahsyat, berpindah dengan sangat cepat, menyerap cahaya, dan juga menghilangkan apapun yang dikehendakinya. Ra adalah anak klan Bulan, keturunan salah satu ksatria terhebat klan itu. Dan Ra yang mewarisi darah klan terhebat itu ingin dibawa dan dilatih oleh Tamus, panglima lama dari Klan Bulan. Awal semua rahasia kemudian terbuka satu persatu sejak kemunculan Tamus. Belum lagi rangkaian kisah teman-teman Ra yang juga memberi kejutan-kejutan tak disangka di tiap babnya. Nah, untuk lanjutan kisahnya kalian bisa baca sendiri novel Bumi ini, insyaa Allah bagus.. bagus.. dan bagus.

Bumi

Pendapatku tentang novel ini cukup memuaskan apalagi bagian akhirnya sangat bikin puas menurutku. Tidak menggantungkan pembaca, menghilangkan rasa penasaran berlebihan tetapi di sisi lain membuat tidak sabar untuk membaca tetralogi lainnya. Kesan pertama yang muncul saat baca novel ini mengingatkanku dengan film berjudul The Giver atau Divergent, tema mereka sama-sama tentang klan, faksi, atau pembagian manusia. Namun selanjutnya kesan ini akan memudar seiring semakin jauhnya bab yang kubaca. Novel ini mau kuberi rate tinggi yaitu 8 dari 10 bintang. Alhamdulillah novel yang bagus. Mari membaca lanjutan kisah Raib dan kawan-kawan di tetralogi selanjutnya.

Hima Rain

Senin, 16 Desember 2013

Madu Jadied, Sehat Lambung!

Bismillah...

Hum blog ini jadi kurang bermanfaat sejak lama tidak kutulisi, mari kita coba mengambil manfaat darinya lagi. Hari ini saya mau memperkenalkan salah satu produk Indonesia yang memang di tivi-tivi belum muncul iklannya tapi Masya Allah sangat bagus khasiatnya untuk kesehatan perut alami. Saya sudah menggunakannya kurang lebih sejak 2 tahun walaupun kugunakan tidak rutin dan hanya kuminum kalo sedang terkena maag saja. Nama produk ini "Madu JADIED Sehat Lambung", dengan tagline solusi untuk masalah lambung tanpa efek samping! 


Hei, this is real news, look at my eyes to prove it, fufufu!


Dengan Netto 165 gram, Madu Jadied ini merupakan ramuan herbal olahan yang terdiri dari madu murni, sari kurma, minyak zaitun, minyak habbatussauda, Zingiber Officinale (jahe) dan Mentha Arvensis (ekstrak daun mint). Kalian tau komposisi kesemuanya itu menghasilkan ramuan yang sangat menyamankan perut. Dengan izin Allah ramuan ini sungguh manjur lo kalo kalian sedang mengalami gangguan perut; karena maag, masuk angin, dan lainnya. Biasanya kalo saya sedang maag saya minum ini dua sendok kalo sakit banget, tapi kalo biasa saja sakitnya cuma sesendok, alhasil beberapa menit kemudian perut kembali normal. Alhamdulillah ya sesuatu. 

Madu sendiri adalah obat alami yang dianugerahkan oleh Allah kepada manusia untuk segala macam penyakit lho. Ilmu pengetahuan sudah banyak mengeluarkan bukti-bukti khasiat pengobatan luar biasa dari madu. Khusus untuk masalah perut, madu berkhasiat untuk menyembuhkan sakit perut dan membersihkan kotoran di perut hingga di akarnya (Rasulullah is My Doctor hlm. 176), bisa mengurangi tingkat keasaman lambung saat maag. 

Sari Kurma sangat bagus untuk lambung dengan manis alaminya, sangat bagus untuk semua jenis permasalahan perut. Minyak Zaitun adalah minyak alami yang sangat baik membantu menyamankan perut. Jahe adalah anti muntah dan mual (efek saat sakit maag), selain itu meredakan perut kembung, gangguan pencernaan, infeksi usus, dan beberapa jenis keracunan makanan. Minyak Zaitun dapat membantu menstimulasi dan meringankan perut yang bermasalah (Rasulullah is My Doctor hlm. 199). Hummmm bagaimana? Kolaborasi penyembuh gangguan perut yang keren bukan?!! 

Biasanya kalo maag kambuh saya biasanya langsung minum madu ini 2 sendok dan minum air sesudahnya. Walaupun belum makan madu ini tidak ada efek sampingnya. Setelah minum ini kadang saya berbaring telentang dan beberapa menit kemudian perutku kembali nyaman. Kadang juga kalo perutku sakit karena kebanyakan makan makanan pedas, madu ini jadi solusi praktis. Perut jadi aman, lambungku juga jadi hangat dan tidak kembung lagi. 

Untuk rasanya sendiri, awal-awal saat meminumnya agak-agak lain rasanya karena ada rasa mint yang kurang kusukai, namun rasa madu dan sari kurma yang manis jadi bikin enak.  

So, jadi mau coba kan? Coba yuk!


Ingat tidak hanya maag saja, madu ini juga baik dikonsumsi untuk menjaga dan mengobati lambung. Bisa diminum untuk anak-anak dan orang dewasa 3 kali sehari. Jangan lupa dengan Basmalah dan keyakinan bakal diberi kesehatan oleh Allah melalui ramuan madu ini. Keyakinan adalah hal utama dalam apapun, ingat hanya Allah Yang Maha Penyembuh. Selamat mencoba!

Hima Rain

sumber info herbal:
Buku Rasulullah is My Doctor karya Jerry D. Gray

Jumat, 25 Oktober 2013

Berkreasi Bunga dengan "Bunga Felt"

Bismillah...

Kalian suka bunga?? Suka melihat bunga?? Atau suka makan bunga mungkin ahahai #kidding. Saya suka sekali liat bunga, jenis apapun itu. Kesukaanku dengan bunga membuat saya pun tertarik menyalurkan hobi dengan membuat kreasinya dari kain felt atau biasa dikenal dengan flanel. Walaupun bunga yang kubuat tidak terlalu beragam setidaknya saya tau sedikit cara membuatnya. Nah, saat jalan-jalan ke gramedia saya menemukan ini dan sedikit bersorak 'aha', sepertinya hobi membuat kreasi bunga itu makin akan terwujud. 
"Bunga Felt: Membuat 30 Jenis Bunga"
Judul buku kreasi kedua yang kubeli dengan penghasilanku sebagai owner Airin Handicrabby. Setelah 3 tahun berjualan flanel baru beberapa buku yang kubeli mengingat inspirasi dan tutorial kebanyakan kuliat dari internet. Tertarik membeli buku bertema tutorial kreasi ini saat mulai intens berjalan-jalan ke gramedia. Mungkin karena keseringan mupeng saja kalau lewat rak buku-buku craft tetapi tidak kubeli huhu. 

Kenapa saya lebih tertarik membeli buku ini?

Awalnya karena cover depannya BUNGA MATAHARI. Setiap melihat bunga ini mataku langsung cling-cling, kalo diumpamakan mungkin seperti mata Paman Gober atau Tuan Krab saat melihat uang haha. Nah, setelah melihat isinya ternyata menarik dan tidak pernah kudapat secara lengkap cara membuat bunga kalau browsing di internet. Langsung jatuh cinta dong dengan buku ini.


Isinya seperti yang kukatakan di atas sangat menarik. Di sampul buku memang tertulis 30 jenis bunga, namun sebenarnya hanya ada 20 tutorial jenis bunga yang ditampilkan. Sedangkan sisa 10 lainnya berupa galeri saja, mengingat kesepuluh bunga ini bentuknya ada yang mirip dengan bunga yang 20 jenis itu. Jadi ada kemungkinan cara membuatnya pun kurang lebih sama. 

Pada bagian awal, penulis buku ini memberi beberapa tips tentang cara membuat daun dan melapisi tangkai serta perlengkapan-perlengkapan apa yang dibutuhkan. Di bagian akhir pun kurang lebih sama, ada tips yang diberikan oleh penulis. Mau tau? Beli bukunya dong fufufu.

Seperti kebanyakan buku tutorial lainnya, buku ini memuat pola di bagian akhir buku. Jadi kita dengan mudah bisa mempraktekkan isi buku ini. Tutorial di dalamnya pun sangat detail dengan disertai gambar pendukung yang cukup jelas dan mudah dimengerti. Yang ingin dan penasaran juga cara membuat bunga-bunga indah dari kain flanel itu, yuk segera membeli buku ini juga!



Berikut dua bunga yang telah kubuat berdasarkan tutorial di buku ini. Yah, mau bikin semua tapi satu-persatu dulu deeh, cekidot!

Si Dandelion
Si Mawar Pink
Info Buku:
Judul: Bunga Felt
Penulis: Lisa Tiyani
Penerbit: Demedia Pustaka
Tebal: 72 Hal.
ISBN: 979-082-143-3
Cetakan: I Januari 2013
Harga: Rp 36.000


Hima Rain

Senin, 07 Oktober 2013

Kanzashi, Ternyata Aku Bisa

Bismillah...

Wah, kali ini saya betul-betul jatuh cinta dengan kanzashi. Awalnya pencarianku di google tentang tutorial kanzahi tidak berbuah memuaskan namun akhirnya dipertemukan dengan giveaway dari ramuramorame (komunitas crafter di bandung) yang salah satu hadiahnya disponsori oleh pembuat kanzashi, Irumi March. Dengan semangat saya mengikuti giveawaynya dan menulis pula mengenai sedikit pengetahuanku tentang kanzashi di blog ini. Tulisan itu yang berjudul Irumi March no Kanzashi ini. Alhamdulillah atas izin Allah saya pun memenangkannya. Hontou ni tanoshikatta!

Beberapa hari setelah pengumuman, saya dagdigdug cemas menanti paket hadiah tersebut. Rasanya sudah tidak sabar memegangnya di tanganku. Esok harinya saat paket itu tiba, bukan main senangnya saya. \(>o<)/
Kuberitahu ya isi paket tersebut ada dua jenis, yang pertama 1 buah strap phone ume kanzashi dan DIY kit. Huaaa finally

sekarang dia jadi partnernya hpku

DIY kit
Itu dia isi dus kuning yang kuterima pekan lalu. Waktu itu saya mereview karya Irumi March berdasarkan gambar-gambar kreasi kanzashi yang diaplotnya, nah sekarang bendanya sudah kupegang di tanganku. Kita retas satu-satu yuk. Mulai dari strap phone. Kalian tau, gantungan hp ini kawaii sekali. Buatan Irumi March rapi dan detil banget, sesuai ekspektasiku saat melihat gambarnya. Kanzashi strap phone ini berwarna merah maron bercorak bunga-bunga dan tumbuhan berwarna putih (jenis kain apa itu mbak Irumi?). Saya paling suka dengan pemanis tengahnya, cangkang bunga emas yang mewadahi bead mutiara itu. 




Bagian belakangnya baru saya tahu seperti itu. Terima kasih petunjuknya. Bagaimana menurut kalian hadiah yang pertama ini??? Nah, yuk beralih ke DIY kit. Kalian lihat gambar di atas kan, saya menguraikan isi paket tersebut dan sebenarnya isi dari peralatan itu tertulis di halaman depan paket DIY kit ini.


Isi paketnya intinya seperangkat alat untuk membuat strap phone yang sama dengan merah maron itu. Warna kain yang kudapat pink muda dan pink dengan corak bunga dan beberapa perlengkapan pelengkap untuk penyempurnan gantungan hp ini. Yang paling saya suka adalah tutorial dan beberapa tips yang juga termuat di dalam DIY kit ini. Nah, jadi kalau teman-teman ingin juga membuat kanzashi seperti punyaku ini bisa kalian menghubungi Irumi March sesuai kontak yang tertulis di kartu nama berikut.

tulisannya  jelas kan?
Keseluruhan menurutku sangat bagus dan dijamin tidak mengecewakan. Iya! Memang tidak mengecewakan lho, buktinya saya bisa membuat karya yang nyaris sama dengan menggunakan petunjuk tutorialnya yang cukup jelas dengan disertakan gambar-gambar pendukung. Sekali lagi terima kasih Irumi March, semoga tulisanku bermanfaat.

Ah, iya berikut karya yang kubuat. Bentuknya lebih kecil dari buatan Irumi March, sepertinya saya salah potong hehe... Biarlah yang penting "Aku Bisa". Alhamdulillah ^^


Hima Rain